Jumat, 20 Mei 2011

Design Parkir Di Pinggir Jalan

Lajur di sisi batu tepi jalan pada jalan selain digunakan untuk arus lalulintas, akses, juga parkir. Menggunakan sisi jalan sebagai ruang parkir adalah murah, akan tetapi masalah-masalah keselamatan akan selalu timbul : kendaraan-kendaraan yang parkir di sisi jalan merupakan salah satu faktor utama dari 50% kecelakaan yang terjadi ditengah ruas jalan didaerah perkotaan, hal ini terutaa disebabkan karena berkurangnya kebebasan pandangan, kendaraan berhenti dan atau keluar dari tempat parkir di depan kendaraan-kendaraan yang lewat secara mendadak.
Bila permintaan parkir melampaui penawaran akan dapat menimbulkan gangaun terhadap kelancaran lalu lintas. Dalam hal yang demikian diperlukan suatu sistem pengendalian dan penindakan agar pemakaian ruang yang tersedia dapat dilakukan secara bersama-sama, dialokasikan baik untuk penggunaan kendaraan pribadi, kendaraan barang ataupun angkutan umum, dan dibatasi hanya untuk kategori, tersebut saja (misalnya ruang bongkar muat barang tidak boleh digunakan oleh kendaraan pribadi).
Penggunaan badan jalan untuk fasilitas parkir kendaraan sebagaimana dimaksud diatas, hanya dapat dilakukan pada jalan "Kolektor" atau "Lokal" dengan memperhatikan :

  1. Kondisi jalan dan lingkungan
  2. Kondisi lalulintas
  3. Aspek keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

  © Blog nono Design by CCEB,Ltd.[Cahyono Civil Engineering Boy] @2011

Back to TOP